1. Menciptakan perhatian
Pembukaan presentasi Anda akan menjadi pintu pertama keberhasilan presentasi Anda. Karena berminat dan tidaknya pelanggan, akan terbangun di saat-saat pertama presentasi Anda lakukan. Karena itu pikirkan dengan seksama bagaimana pembukaan presentasi yang menarik perhatian calon pelanggan Anda, pembukaan yang menumbuhkan minat mereka untuk ingin tahu lebih dalam tentang produk atau layanan yang Anda jual.Dalam hal ini beberapa teknik pembukaan bisa Anda lakukan.
Menjelaskan maksud dan menunjukkan manfaat utama yang akan didapatkan oleh calon pelanggan
Cara ini sangat sederhana tapi kuat untuk membuka. Anda hanya perlu menjelaskan apa maksud Anda, apa tujuan Anda dan apa benefit utama yang akan di dapatkan calon pelanggan setelah mendengarkan presentasi Anda.
Contoh.
Misalnya Anda melakukan presentasi penjualan dalam rangka lounching dan promosi produk peramping peramping tubuh
Anda bisa membukanya dengan kalimat seperti di bawah ini.
Selamat pagi semuanyaItu adalah contoh bagaimana membuka presentasi dengan cara menjelaskan maksud dan menunjukkan manfaat utama yang akan didapatkan oleh calon pelanggan.
Senang sekali saya bisa berada di tengah-tengah Anda semua pada hari ini.
Sebelumnya perkenalkan nama saya Rona Binham, saya adalah senior manager dari PT. Cantik Sentosa.
Di sini saya tidak akan berbicara lama, karena saya tahu waktu Anda sangat berharga. Saya hanya butuh waktu empat puluh lima menit saja untuk menjelaskan tentang cara diet terbaru yang praktis tanpa efek samping.
Diakhir presentasi nanti ibu-bu akan menyadari bahwa ramping itu tidak sulit, ramping itu tidak harus rumit dan ramping itu bisa dilakukan dalam waktu singkat tanpa harus frustasi tanpa haru ada efek samping.
Menjelaskan adanya keinginan tanpa sulit terpenuhi dan produk Anda adalah solusinya
Contohnya kalimat pembukaannya bisa seperti ini:
Selamat pagi ibu-ibu semuaMemaparkan masalah utama
Apa kabar?
Senang bisa bertemu dengan Anda dipagi hari yang menyenangkan ini.
Ok, sebelum saya masuk ke poin pembicaraan, izinkan saya memaparkan beberapa hal yang sangat diinginkan oleh banyak wanita dari tubuh mereka. Dan mungkin, ini juga merupakan sesuatu yang sangat Anda impikan dan Anda idam-idamkam.
Pertama, hampir semua wanita ingin tubuhnya ramping. Kedua, hampir semua wanita ingin tubuhnya sehat. ketiga, hampir semua wanita ingin terlihat energik.
Tidak peduli apapun profesi Anda dan aktifitas Anda, saya yakin Anda semua menginginkannya.
Tapi yang jadi masalah, mudahkah itu untuk dilakukan?
Program diet biasa, lama dan cenderung memberatkan.
Produk pelangsung tubuh di pasaran, bisa merampingkan tapi banyak efek sampingnya.
Lantas adakah solusi ramping yang mudah dilakukan, prosesnya cepat dan tidak memberatkan. Adakah produk pelangsing tubuh yang aman tanpa efek sampaing?
Jawabannya ada, sebentar lagi saya akan tunjukkan kepada Anda.
Selain dua cara di atas Anda juga bisa membuka presentasi dengan memaparkan masalah utama, memaparkan ketakukan-ketakutan yang dialami oleh calon pelanggan Anda. Kalau perlu tunjukkan bukti dengan data atau fakta yang kuat.
Itulah tiga cara bagaimana membuka presentasi penjualan. Pilih salah satu yang paling nyaman Anda gunakan.
2. Menawarkan Produk
Setelah anda berhasil menciptakan perhatian calon pembali, selanutnya silakan tawarkan produk Anda. Kenalkan produk Anda kepada calon pembeli Anda. Jangn terlalu banyak berbicara tentang fitur produk, kecuali fitur-fitur utama yang perlu diketahui oleh calon pembeli Anda. Fokus kepada manfaat-manfaat utama yang akan didapatkan oleh calon pembeliKemudian demontrasikan penggunaan produk untuk memudahkan calon pembeli cara pemakaian dan penggunaannya.
Setelah mengenalkan produk Anda, Anda sudah mendemonstrasikan cara penggunaan produk Anda, selanjutnya tunjukkan testemoni jika ada.
Kalau produk Anda baru, dan presentasi ini adalah lounching pertama Anda, testemoni bisa dari pakar yang masih terkait dengan produk Anda.
Jika Anda sudah mengenalkan produk Anda dan manfaatnya. Anda sudah menunjukkan testemoni selanjutnya Anda bisa satu atau beberapa keistimewaan dari produk Anda di banding produk sejenis di pasaran. Teknik ini efektif supaya calon pembeli melihat keunikan dari produk Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar